Breaking News

Peluang Usaha Sablon Sukses dan Rincian Modal Awal

Peluang Usaha Sablon Sukses dan Rincian Modal Awal

Peluang Usaha Sablon Sukses dan Rincian Modal Awal - Membuka usaha sablon merupakan salah satu inspirasi peluang bisnis yang bisa anda coba dengan modal ringan dan mendapat keuntungan yang cukup besar dengan target pasar yang luas dengan alat sablon yang sederhana. Anda dapat membuka nya secara perlahan dengan mulai usaha membuat sablon kaos manual, kemudian jika sudah berkembang anda dapat membuat penyablonan digital. Target konsumen usaha sablon diantaranya individu, perusahaan, atau suatu kepantiaan sebuah acara besar.

Pada saat ini usaha Sablon ini sudah banyak tersebar diberbagai kota, jadi jika anda ingin membuka usaha ini anda harus siap bersaing dengan usaha sablon lain. Namun hal ini bukan merupakan hambatan, karena selama anda mampu mepertahankan kualitas sablon dan promosi dengan baik maka dengan mudah anda bisa mempertahankan konsumen. modal awal yang dibtuhkan sekitar 3-5 jutaan tergantung pada banyaknya peralataan, promosi , gaji pegawai dll.

Info Bisnis Sablon


Semakin berkembangnya dunia fashion dengan ditandai banyaknya pertumbuhan factory outlet maupun usaha distro diseluruh penjuru merupakan salah satu pemicu meningkatnya permintaan jasa sablon dikalangan masyarakat. permintaan pasar yang meningkat dan besarnya keuntungan yang ditawarkan membuat sebagian besar masyarakat mulai tertarik dengan usaha sablon ini, baik sablon manual maupun sablon digitan yang sudah banyak dikenalkan oleh para pelaku usaha. Peluang usaha sablon kaos manual dapat dimulai dengan modal yang ringan dan dapat memperoleh keuntungan yang besar.

Hal yang harus diperhatikan untuk membuka usaha


Pengetahuan dan Keterampilan


Kemampuan dan pengetahuan anda dalam menyablon dapat mempengaruhi bisnis anda, kemapuan menentukan warna, ukuran, jumlah warna dan tingkat kesulitan dalam menyablon akan mempengaruhi besar ongkos produksi dan akan berdampak pada harga yang di berikan pada pelanggan.

Kemampuan dan pengetahuan anda dalam menyablon


Kualitas sablon


Perthatikan kualitas sablon pada usaha anda, karena semakin bagus kualitas yang dihasilkan maka usaha anda juga semakin bagus. Kualitas sablon yang bagus akan menarik konsumen untuk datang ke tempat usaha anda, belilah mesin sablon yang murah namun memberikan kualitas yang bagus.

Modal


Modal yang anda butuhkan untuk membuka usaha ini adalah modal uang dan juga modal lokasi. Semakin besar modal uang yang anda keluarkan akan semakin baik usaha anda. modal uang ini digunakan untuk membeli beberapa peralatan sablon. Dan juga untuk membeli bahan baku pesanan konsumen karena konsumen akan membayar setelah pesanan sudah jadi. Jika anda tidak mempunyai modal awal yang terlalu banyak, anda bisa bernegoisasi untuk mendapatkan bahan kaos diawal dan membayar belakang.

Sedangkan untuk modal lokasi, usaha ini tidak membutuhkan lokasi yang strategis seperti Peluang Usaha Pertamini karena anda bisa memasarkannya dengan promosi. Usaha ini juga ada yang terletak di dalam perumahan atau bahkan di gang-gang sempit. Ketika anda telah mepunyai modal yang lumayan besar, anda dapat memilih tempat usaha yang strategis agar dapat terlihat oleh konsumen. untuk peralatan, ada banyak peralatan yang bervariasi sekarang.

Promosi


Pastikan anda untuk selalu melakukan promosi usaha anda, carilah peluang kapan musim pesanan sablon ramai misalnya pada musim pilkada, musim pembuatan kaos atau jaket mahasiswa. Promosikan usaha sablon anda di tempat-tempat strategis berdasarkan musim tersebut bisa melalui brosus, banner atau media sosial.

Pelayanan


Pastikan anda memberikan pelayanan yang maksimal seperti sikap, kecepatan dan waktu menyelesaikan order, hasil yang memuaskan dan lain sebagainya.

Baca juga : Peluang Usaha Jasa Jahit Rumahan dengan Modal Kecil

Harga Sablon


Konsumen mencari tempat sablon yang murah serta berkualitas, maka usahakan anda memiliki keuntungan sekitar 10-20% pada setiap kali penyablonan. Agar banyak orang yang nyablon di tempat usaha anda.

Konsumen


Untuk menjalankan bisnis ini, dapat dikatakan target pasar yang bisa anda dapatkan tidak terbatas. Mulai dari konsumen perorangan yang ingin membuat kaos satuan dengan desain yang tidak pasaran tentunya, anda dapat menerima pesanan massal untuk sebuah perusahaan, seragam karyawan, seragam panitia sebuah acara terntentu, seragam organisasi misalnya karang taruna, remaja masjid, mahasiswa, pelajar dan lain-lain. Atau anda dapat menjalin kerjasama dengan pelaku bisnis distro atau pasar untuk menyuplay bahan kaos unik dagangan mereka.

Analisis Modal Awal Usaha Sablon


Modal Awal

Peralatan sabon
Rp 1.500.000
Promosi
Rp 500.000
Bahan Baku
Rp 200.000
Spanduk
Rp 100.000
Alat Tulis
Rp 50.000
Brosur
Rp 100.000
Biaya Operasional
Gaji Pegawai jika sudah memiliki
Rp 800.000
Bahan Baku
Rp 1.000.000
Listrik, Telepon dan Transportasi
Rp 500.000
Biaya Lain-lain
Rp 500.000
Total   
Rp 5.000.000
Pendapatan
Laba Bulanan
Rp 2.000.000
Omset Bulanan
Rp 5.000.000

Hambatan Usaha


Beberapa hambatan yang bisa terjadi ketika menjalankan usaha Sablon :

  • Pembayaran pesanan dari konsumen yang sering terlambat
  • Kurang berkembangnya kualitas desaign sehingga dapat mengurangi pelanggan
  • Terdapat pesaing yang memiliki kemampuan dan peralatan yang lebih canggih

Strategi Pasar


  • Buatlah iklan dengan desain bagus, unik dan menarik yang disertai dengan nama usaha sablon anda beserta alamatnya
  • Promosikan usaha anda ke berbagai tempat yang strategis
  • Cobalah untuk menawarkan usaha anda ke beberapa perusahaan
  • Ciptakan ciri khas dari usaha anda misalnya dari segi desain
  • Promosikan ke komunitas-komunitas mahasiswa atau remaja yang sering membuat baju seragam
  • Lakukan juga promosi ke anak sekolah dan juga mahasiswa yang ingin membuat kaos sablon khas angkatan
  • Jika anda menerima pesanan dalam jumlah besar, promosikan usaha anda ke partai-partai politik atau calon-calon kepala daerah untuk pembuatan kaos kampanye.

Cara Sablon Kaos Manual untuk Pemula


Berikut cara menyablon dengan cara yang sederhana jika anda mendapat order sekitar 1 atau 2 lusin:

1. Siapkan alas triplek untuk membentang kaos yang akan anda sablon agar warna tinta tidak meresap dan merembes kedalam bagian belakang kaos. Berikan solatip pada bagian yang tidak diberi sablon untuk memberi batas tulisan dan untuk meratakan.
2. Letakkan rangka gambar dan atur posisi gambar atau tulisan tersebut sesuai dengan keinginan perancang, jika anda menyablon dengan warna lebih dari satu, tutupi gambar lain dengan selembar plastik dan isolatip
3. Tuangkan tinta pada tepi gambar, tarik satu kali cat sablon dengan rakel dan tekanan yang rata
4. Ulangi proses tersebut sebanyak tiga kali agar hasil cat menempel secara sempurna dan warna menjadi lebih terang namun harus kering terlebih dulu.

Kelebihan Sablon kaos manual dari segi modal


Sablon kaos manual merupakan sablon yang tidak memakai peralatan sablon khusus, sehingga modal awal yang dibutuhkan masih kecil jika dibandingkan dengan sablon digitan, modal tersebut sekitar Rp 300.000 sampai dengan Rp 1.000.000 bisa untuk membuka usaha sablon sederhana. Namun usaha sablon kaos manual memliki beberapa kekurangan seperti waktu yang dibutuhkan untuk proses pengerjaan relatif lebih lama, karena masih membutuhkan proses pengeringan terlebih jika sablon kaos manual 4 warna harus menunggu kering dari setiap warna baru ditambahkan dengan warna lain

Itulah beberapa informasi mengenai peluang usaha sablon sukses dengan rician modal awal, semoga artikel ini bermanfaat.

Tidak ada komentar