Breaking News

Peluang Usaha Jasa Jahit Rumahan dengan Modal Kecil

Peluang Usaha Jasa Jahit Rumahan dengan Modal Kecil

Peluang Usaha Jasa Jahit Rumahan dengan Modal Kecil - Salah satu peluang usaha dengan modal kecil yang bisa anda coba adalah memulai usaha rumahan jasa menjahit pakaian. Usaha ini merupakan suatu usaha yang cocok dikembangkan baik di wilayah perkotaan maupun pedesaan. Meskipun telah banyak usaha Jasa Jahit namun tidak menutup kemungkinan adanya peluang, karena kebutuhan akan jasa jahit tidak akan berkurang dan terus ada. Bukan hanya pakaian yang bisa anda jahit, terdapat keterampilan lain seperti busana muslim, sprei, jilbab, aksesoris dan masih banyak lagi.

Di era modern seperti sekarang ini, pakaian bukan hanya sebagai penutup badan saja tetapi juga sebagai sarana penghias diri untuk tampil lebih bagus , cantik dan menarik. Meskipun telah banyak pakaian jadi, namun tidak menutup kemungkinan jasa jahitan masih sangat dibutuhkan oleh konsumen. ketika anda membeli baju kemudian kebesaran atau kekecilan, pasti anda membutuhkan jasa jahit bukan ? maka dari itu usaha jahitan dirumah dengan modal yang kecil dapat menjadi solusi bagi masyarakat, seperti membesarkan pakaian, mengecilkan, atau ingin memasang atribut pakaian resmi ataupun aksesoris lainnya. Selain itu, ada modal dan bahan baju tertentu yang lebih enak jika di gunakan dari hasil jahitan biasa daripada bentuk jahitan yang sudah jadi, contohnya seperti kain tenun, pakaian adat, bahan brukat, pakaian jas, dan lain sebagainya.

Membuka usaha jahit rumahan tidak membutuhkan modal yang besar jika anda hanya menjalankan usaha jahit menjahit saja. Anda hanya perlu menyediakan seperangkat alat dan mesin jahit untuk mengerjakan pesanan yang ada. Namun jika anda ingin menjual produk sendiri maka anda harus menyediakan modal tambahan untuk menyediakan stok barang, promosi dan lain sebagainya.

Cara Memulai Bisnis Usaha Jahitan Rumahan


Sebelum anda memulai usaha jahit rumahan, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan untuk mendukung berhasilnya usaha anda:

Mengasah Skill bidang jahit menjahit


Anda harus memperbaiki kemampuan dalam bidang jahit menjahit jika anda merasa belum mahir. Baru-baru ini telah banyak dibuka kursus untuk jahit menjahit mulai dari tingkat dasar, menengah, lanjutan bahkan sampai tingkat mahir. 

Mengasah Skill bidang jahit menjahit

Anda juga harus melengkapi kemampuan dan ketrampilan dengan pengetahuan yang berkaitan dengan jahit-menjahit, misalnya dengan mengikuti kursus menyulam seperti sulam pita, sulam payet, sulam benang dan lain-lain. Hal tersebut dapat mendukung anda untuk dapat menciptakan beragam variasi dan desain pakaian lebih banyak lagi.

Analisi Modal Awal


Modal awal juga merupakan faktor penting dalam membuka usaha jahit-menjahit rumahan termasuk modal tenaga, modal keahlian, dan juga peralatan menjahit seperti mesin jahit, benang, pengukur gunting dan lain sebagainya. Belilah mesin jahit sesuai dengan kebutuhan dan modal yang anda miliki, mulailah dengan mesin jahit yang sederhana setelah keuntungan yang anda dapatkan lebih banyak dapat anda gunakan untuk memperbarui peralatan termasuk mesin jahit yang lebih bagus.

Mencari Tempat Usaha


Untuk membuka usaha jahit – menjahit lebih baik anda memulai dengan mangkal di suatu tempat yang mudah dicari oleh konsumen, tidak seperti usaha sablon yang tak perlu tempat strategis.  Pertama anda dapat mencari pelanggan dari mulut ke mulut atau melalui kerabat dekat sambil mangkal disuatu tempat. Usahakan anda mencari tempat usaha yang jauh dari toko yang menjual pakaian jadi, namun anda dapat membukannya dekat dengan toko bahan agar dapat memudahkan untuk menyetok bahan jahitan dan dapat menarik konsumen dari pembeli bahan dari toko tersebut. Jika anda ingin membuka usaha jahitan dirumahan lebih menghemat modal asalkan rumah anda terletak dipinggir jalan raya yang ramai dilewati banyak orang.

Promosi dan Pengembangan Usaha


Promosi juga merupakan faktor penting dalam membuka usaha jahitan rumahan terutama pada awal-awal pembukaan. Anda harus memperhatikan bagaimana cara agar konsumen tertarik dengan rumah jahit anda karena untuk medatangkan konsumen pertama kali tidak lah mudah. Anda harus melakukan promosi kecil-kecilan terlebih dahulu, seperti ke tetangga dekat atau memasang banner didepan rumah untuk menandakan bahwa anda telah membuka usaha jahit.

Baca juga : Peluang Usaha Pertamini, Jualan Bensin Eceran Ala Pertamina

Salah satu strategi yang bisa anda gunakan untuk menarik perhatian konsumen adalah dengan memberikan pelayanan prima dan juga dengan harga yang terjangkau serta kualitas jahitan yang bagus agar pelanggan pertama anda bisa menjadi pelanggan tetap karena mereka merasa puas menjahit di rumah jahit anda. ketika usaha anda sudah mulai berkembang dan anda merasa membutuhkan karyawan, jangan anda paksakan untuk mengerjakan sendiri, mulailah mencari karyawan yang juga memiliki keuletan dan ketelatenan agar hasil jahitan nya juga berkualitas.

Hambatan yang mungkin ditemui utnuk membuka usaha jahit rumahan


Setiap usaha atau bisnis pasti akan ada hambatan yang datang kapan saja, anda harus menyiapkan segala kemungkinan hambatan yang akan terjadi. Salah satu hambatan dalam suatu usaha jasa apapun termasuk usaha jasa menjahit adalah berkurangnya pelanggan atau ditinggalkan pelanggan karena beberapa faktor, bisa dari dalam pengusaha itu sendiri misalnya kurang ramah, jahitan yang tidak tepat waktu dan tidak sesuai keinginan pelanggan, atau bisa juga karena faktor dari luar seperti ada pesaing baru yang membuka usaha dibidang yang sama.

Misal dengan adanya pesaing yang menawarkan harga lebih murah dari usaha anda, hanya dengan biaya sekitar 50rb sampai 100rb konsumen bisa langsung mendapat dan mengenakan baju yang pelanggan inginkan.

Untuk menjahit satu baju, konsumen harus membeli bahan dan harus menunggu beberapa waktu untuk hasil jahit di tempat langganan mereka dengan harga lebih dari 100rb, bahkan dikota Bandung yang terkenal dengan pakaian jadi dari merek biasa sampai merek terkenal banyak tersedia di pasar maupun outlet pakaian yang semakin menjamur keberadaannya.

Strategi Menjalankan Usaha Jasa Jahit Rumahan


Strategi merupakan suatu cara yang bisa anda gunakan untuk mampu bertahan dan bersaing dengan produk pakaian lain. Anda harus terus berinovasi agar tetap menghasilkan keuntungan dan mempertahankan pelanggan. Berikut beberapa strategi yang dapat dilakukan oleh pengusaha jahit rumahan :

  • Selalu belajar dan mengasah kemampuan menjahit
  • Memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan
  • Mengerjakan pesanan dengan tepat waktu
  • Jika proses menjahit terpaksa telat dan pelanggan sudah mengeluarkan biaya transportasi, maka anda harus mengganti uang transport tersebut agar pelanggan tidak merasa kecewa
  • Memberi kesempatan untuk fitting atau mencoba baju untuk menyesuaikan ukuran. Jika ada kekurangan seperti kebesaran atau kekecilan dan dad yang merasa tidak nyaman pada bagian tertentu, maka penjahit harus dapat memperbaiki secara cepat.
  • Berikan pengarahan atau usulan desain baju, karena tidak semua orang yang menjahitkan baju mengerti desain dan mode yang ada. Kemampuan anda memberikan usulan desain baju ini dapat menarik pelanggan untuk tetap bertahan menjahit di tempat usaha anda.
  • Menyediakan papan nama dengan kelebihan yang anda miliki misalnya seperti “Ahli Jahit Pakaian Tradisional”, “Ahli Jas Pria dan Wanita”, “Ahli Jahit Pakaian Pengantin”, dan lain-lain.

Informasi diatas merupakan penjelasan mengenai peluang usaha jahit rumahan dengan modal kecil, mulai dari cara memulai usaha, hambatan membuka usaha, serta strategi menjalankan usaha. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang ingin memulai usaha Jahit Rumahan dengan Modal Kecil.

Tidak ada komentar