Breaking News

Peluang Usaha Pertamini, Jualan Bensin Eceran Ala Pertamina

Peluang Usaha Pertamini, Jualan Bensin Eceran Ala Pertamina

Peluang Usaha Pertamini, Jualan Bensin Eceran Ala Pertamina - Seiring berkembangnya waktu, semakin banyak muncul teknologi-teknologi baru yang bermunculan. Teknologi tersebut bukan hanya dari segi teknologi informasi saja namun juga teknologi baru seperti yang sedang muncul dikalangan masyarakat saat ini yakni pertamini.

Jika dulu usaha ini masih menjual bensin eceran menggunakan derijen atau corong yang takarannya masih kurang pas dan sulit dalam proses pengisian, namun sekarang semuanya menjadi mudah. Pertamini merupakan suatu peluang Bisnis usaha baru bagi masyarakat, yaitu menjual bensin secara eceran menggunakan alat yang lebih modern yaitu menggunakan mesin pertamini elektrik seperti layaknya mesin yang digunakan di SPBU pertamina hanya saja ukuran dari pertamini ini lebih kecil dan lebih mudah, dengan kapasitas standart mesin ini dapat menampung sekitar 210 liter bensin, namun jika ingin kapasitas lebih dapat ditambah dengan cara menyambungkan selang mesin pertamini langsung ke tabung.

Usaha pertamini merupakan suatu peluang usaha yang cerah, karena usaha ini masuk kedalam jenis usaha yang tidak akan menimbulkan kerugian yang terlalu besar bahkan bisa menjadi usaha rumahan yang menguntungkan. Bensin merupakan kebutuhan pokok yang terus meningkat setiap tahunnya sehingga usaha ini akan mendatangkan keuntungan dan memiliki peluang berhasil, usaha ini pun juga merupakan usaha yang simpel, resiko tidak terlalu banyak dan balik modal secara cepat.

Usaha bisnis pertamini dapat kita lihat diberbagai sudut kota dan di daerah pedesaan, karena keuntungan yang di dapat bisa mencapai puluhan juta rupiah setiap bulannya, dalam proses penjualan juga tidak membutuhkan waktu dan tenaga yang banyak. Contohnya seperti seorang ibu rumah tangga yang ingin menjalankan usaha ini dapat mengerjakan secara fulltime dan bisa dengan mengurus rumah, mengurus anak, dan juga keluarga. Dalam menjalankan usaha ini, anda tidak perlu mencari konsumen karena konsumen akan datang dengan sendirinya.

Pangsa Pasar


Jika anda membuka usaha pertamini ini, anda tidak perlu mencari pangsa pasar kemana-mana karena sudah sangat jelas bahwa setiap orang bahkan hampir seluruhnya memiliki kendaraan bermotor dan pasti membutuhkan bensin, mereka adalah pangsa pasar usaha anda. pangsa pasar dalam usaha ini tidak akan habis dan berkurang bahkan selalu bertambah tiap tahunnya karena jumlah kendaraan bermotor juga bertamah. Bensin merupakan kebutuhan pokok dari manusia untuk kendaraanya, jadi bensin tidak akan pernah basi dan selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Jika kita lihat dari kebutuhan konsumen akan bensin, anda harus dapat membaca peluang ini

Pangsa Pasar Peluang Usaha Pertamini, Jualan Bensin Eceran Ala Pertamina


Kelebihan membuka usaha Pertamini


  1. Modal tidak terlalu besar dan cepat balik modal
  2. Resiko rugi atau bangkrut cenderung kecil bahkan dapat dibilang tidak memiliki resiko, karena usaha ini tidak terlepas dari rasa percaya konsumen terhadap alat takar mesin pertamini bisa pas dan dapat dilihat langsung oleh konsumen
  3. Dapat dijadikan sebagai usaha rumahan
  4. Usaha yang modern dan inovatif
  5. Usaha yang aman dan praktis
  6. Jika dibandingkan dengan usaha bensin eceran yang masih menggunakan corong, mesin ini dapat secara langsung mengisi bensin ke semua kendaraan dengan nozzle seperti yang di miliki oleh SPBU
  7. Dilengkapi dengan neon box
  8. Minim resiko kerugian
  9. Karena harga minyak dunia di Indonesia sedang turun, maka konsumsi masyarakat akan bahan bakar lebih meningkat dibandingkan dengan ketika harga minyak dunia sedang naik, maka anda harus bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan baik.

Omzet atau pendapatan pertamini


Modal Awal


  • 1 buah mesin pertamini dijual dengan harga sekitar Rp. 10.000.000 sudah termasuk ongkos kirim, UPS , dan perlengkapan yang lain
  • 210 liter bensin dengan harga Rp 8.000/liter sehingga membutuhkan modal sekitran 1.680.000
  • Menyambung listrik sekitar 100.000/perbulan
  • Sehingga total modal awal yang harus dikeluarkan adalah sekitar 11.780.000

Namun modal tersebut bukan merupakan patokan, dapat lebih banyak atau bisa lebih sedikit dari itu karena semua tergantung pada harga pasar dari masing-masing komponen.

Pendapatan


Omset yang akan anda dapatkan akan bergantung pada berapa jumlah liter bensin yang anda jual dalam waktu sehari atau sebulan. Berikut contoh denah balik modal yang bisa anda jadikan pedoman untuk memulai usaha:

  • Harga bensin SPBU Rp. 8000/liter
  • Bisa anda jual dengan harga sekitar Rp. 9000/liter
  • Keuntungan yang didapat sekitar Rp 1000/liter

Maka jika anda mampu menjual bensin sebanyak 100 litar dalam waktu satu hari, maka anda berhak menerima keuntungan sebesar Rp.100.000 atau sekitar Rp. 3.000.000.bulan. semua perkiraan tersebut akan bergantung pada konsumen, semakin banyak konsumen makan akan semakin besar pula keuntungan yang akan di dapat. Bukalah usaha ini ditempat yang strategis dan pasti banyak kendaraan motor berlalu lalang namun jauh dari SPBU.

Ada banyak jenis pom bensin pertamini yang bisa anda pilih untuk menyesuikan dengan modal atau budget yang anda miliki. Seperti ada mesin pertamini digital dan juga da yang manual. Kedua jenis mesin tersebut juga memiliki harga yang berbeda-beda. Pilihlah mesin pertamini yang sesuai kecocokan dan selera pada tempat usaha anda, mengingat kepercyaan pembeli sangat tinggi terhadap pom bensin karena takarannya yang pas daripada penjual eceran biasa, sehingga usaha ini akan menjamin untung besar jika anda mampu mengelola dengan baik.

Membuat Surat Ijin Pertamini


Sebelum anda membuka usaha Pertamini anda harus membuat surat ijin Pertamini dengan cara:

  1. Membuat surat ijin melalui pemerintah kecil dahulu, seperti RT, RW kemudian Desa hingga ke Kecamatan
  2. Meneruskan kepada pihak kepolisian, dengan cara menyerahkan surat ijin yang telah diberikan oleh kecamatan
  3. Kemudian meminta persetujuan dari pihak SPBU terdekat yang harus mengisi formulir terlebih dahulu
  4. Formulir yang telah diisi akan diserahkan kepada Dinas Perindustrian untuk kemudian disetujui
  5. Dalam kurun waktu 2 sampai 3 hari, surat ijin Usaha Pertamini akan keluar 
  6. Anda dapat memakai surat ijin tersebut untuk membeli bensin di SPBU dengan jumlah liter sesuai dengan keinginan anda dengan menunjukkan surat ijin tersebut.
  7. Surat ijin tersebut akan melindungin pihak SPBU pertamina dari sanksi Pemerinta, karena peraturan pemerintah pusat bahwa SPBU dilarang menjal BBM atau bensin ke dalam derijen, kecuali ada surat ijin dari Dinas Perindustrian.

Cara Membuka Usaha Pertamini Sukses


Ada beberapa cara yang harus anda pelajarin untuk mengembangkan usaha pertamini yang menjanjikan keuntungan dan laris manis, dengan cara :

  1. Memilih tempat atau lokasi usaha yang sangat strategis, contohnya di perempatan jalan, jalan yang ramai kendaraan bermotor, dekat dengan pasar, jauh dari SPBU Pertamina, dan lain-lain
  2. Jangan menjual bensin dengan harga yang terlalu mahal, anda harus menjual dengan harga yang lebih murah agar tidak kalah saing dengan usaha pertamini lain, hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan jumlah penjualan
  3. Dalam proses pelayanan, layani konsumen dengan ramah, murah senyum dan sopan sehingga konsumen akan merasa puas membeli bensin di pertamini anda.

Itulah beberapa informasi mengenai peluang usaha pertamini, jualan bensin ala pertamina. Semoga artikel ini bermanfaat.

1 komentar:

  1. You purchased your first 3D printer and already printed the files that got here with it as well as|in addition to} variety of the} free 3D models available on the internet. Most of what’s on provide are paid designs, but a small number of 3D printer files is available for free. Gel Pens For some advanced 3D printing initiatives, designers not solely present free STL file downloads but usually upload detailed instructions.

    BalasHapus