Breaking News

Cara Mengatasi Agar Baterai Android Tidak Boros

Cara Mengatasi Agar Baterai Android Tidak Boros

Cara mengatasi agar baterai android tidak boros
- Apakah Anda pernah mempunyai smartphone android yang baterainya sangat boros dan cepat habis? Mungkin sebagian besar orang pernah mengalami hal semacam ini, atau mungkin anda sendiri. Masalah seperti ini pasti sering terjadi pada baterai hp android entah itu karena sistem aplikasi, ataupun dari komponen baterainya itu tersendiri.

Penyebab Baterai Cepat Habis


Baterai handphone android yang sangat boros atau gampang habis bisa dipicu oleh beberapa hal, antara lain sebagai berikut :

  • Terlalu banyak mengaktifkan beragam aplikasi yang ada pada handphone tersebut.
  • Pengaturan cahaya (aturlah resolusi cahaya agar tidak terlalu cerah, karena hal ini dapat menimbulkan baterai hp anda cepat habis alias boros).
  • Pemakaian charger smartphone yang baik (hal ini bisa berpengaruh terhadap pengisian baterai di handphone android tersebut). Dianjurkan untuk memakai charger yang sesuai dengan smartphonenya.
  • Pemakaian aplikasi permainan/game yang sering dilakukan bisa mengakibatkan baterai hp android gampang sekali habis.

Tips Baterai Hp Yang Cepat Habis


Dari beberapa hal yang menjadi pemicu baterai hp android menjadi sangat boros diatas, kita bisa mengantisipasinya dengan beberapa hal, antara lain dengan tips sebagai berikut.

  1. Matikanlah fitur yang tidak terlalu penting pemakaiannya, seperti : Bluetooth, WiFi, GPS, dan sebagainya.
  2. Aturlah kecerahan cahaya layar handphone anda . dianjurkan untuk menggunakan resolusi cahaya yang tidak terlalu terang, karena disamping anda bisa menghemat baterai, dengan cahaya yang tak terlalu cerah, maka dapat membuat mata anda menjadi nyaman sehingga tidak gampang lelah.
  3. Jangan terlalu sering mengaktifkan mode vibrasi/getar.
  4. Mempercepat screen timeout.
  5. Anda bisa menonaktifkan fitur autosycn dan update otomatis.
  6. Lakukanlah pengisian baterai Smartphone secara baik.
  7. Anda bisa memakai perangkat lain seperti power bank.
  8. Jauhkanlah handphone dari suhu panas yang berlebihan.
  9. Anda bisa memakai power saving mode.
  10. Hindarilah pemakaian wallpaper yang bersifat flash, karena bisa membuat baterai cepat mengalami pemborosan.

Cara lain agar baterai handphone android bertahan lebih lama, anda bisa memakai aplikasi baterai yang terdapat di google play. Cara penggunaan aplikasinya antara lain sebagai berikut:

  • Habiskanlah kapasitas baterai hingga kurang dari 20%.
  • Setelah itu install-lah apikasi yang diperlukan. Anda bisa memanfaatkan aplikasi baterai yang bisa di download memalui google play.
  • Langkah berikutnya yaitu install aplikasi baterai tersebut hingga beres.
  • Selanjutnya anda bisa men-charge handphone android tersebut.
  • Tunggulah hingga proses pengisian baterai sampai benar-benar 100%.
  • Dalam keadaan seperti ini, jangan berpindah ke aplikasi lain atau jangan melepaskan charger sampai pengisian beres. Oleh karena itu biarkan saja aplikasi berjalan dan charger tetap menancap. Bila prosesnya sudah selesai, akan ada pemberitahuan. Seperti: “Lakukan hal ini selama kurang lebih 6-10 hari”. Bila dirasa sudah cukup, anda bisa melakukan hal ini satu kali saja dalam sebulan.

Demikianlah beberapa tips ringan cara mengatasi agar baterai android tidak boros yang bisa anda lakukan pada smartphone android. Dengan demikian anda bisa merasakan hp android bekerja secara maksimal, dan tidak lagi terjadi pemborosan baterai. Bila tips ini bermanfaat, tolong share juga ke teman-teman yang lain ya, selamat mencoba.

Tidak ada komentar